fbpx

[Kalendar Siroh – Tanggal 7 Ramadhan – Tahun 10 Kenabian Bulan Ramadhan]

Meninggalnya Paman Nabi Muhammad SAW Abu Thalib

Tepat pada tanggal 7 Ramadan tahun 10 kenabian, yaitu 8 bulan 21 hari setelah keluarnya bani Hasyim dan Bani Muththalib dari pemboikotan, Rasulullah saw dan kaum muslimin pada umumnya diuji dengan musibah yang besar. Sosok pembela dan pelindung Rasulullah saw, sekaligus sesepuh kaum Quraisy yang disegani dan dihormati, yaitu paman Nabi Abu Thalib meninggal dunia. Beliau meninggal dalam usia 87 tahun.

Ucapan Laa Ilallah yang disarankan Nabi Sebelum Pamannya Meninggal

Tatkala Abu thalib sakit keras sebelum meninggal, Rasulullah saw datang mengunjungi beliau, dan ketika itu datang pulang Abu Jahal, Abdullah bin Abu Umayyah dan pembesar Quraisy lainnya. Rasulullah saw berkata: “Wahai Paman, ucapkanlah : Laa ilaaha illallah, itu adalah kalimat yang dengannya aku bisa membelamu di hadapan Allah kelak”. Lalu Abu Jahal dan Abdullah bin Abu Umayyah berkata: “Apakah engkau ingin berpaling dari Agama Abdul Muththalib?”.

Rasulullah Sedih Tidak Dapat Mengislamkan Pamannya Hingga Ajal Menjemput

Rasulullah saw terus berulang-ulang menyuruh beliau untuk mengucapkan kalimat Tauhid, namun sayangnya sampai akhir nafasnya beliau mengatakan : “diatas agama Abdul Muththalib”. Akhirnya Rasulullah saw pun menangis karena sangat sedih karena tidak bisa mengislamkan paman beliau. Tidak lama kemudian Allah swt menurunkan surat Al-Qashash ayat 56:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاء

            “Sesungguhnya engkau tidak bisa memberikan hidayah kepada orang yang engkau cintai, akan tetapi Allah lah yang memberikan hidayah kepada orang yang Dia Kehendaki”.

Kontroversi Tanggal:

  1. Sebagian Ulama mengatakan Abu thalib meninggal di bulan Rajab, sebagian yang lain bulan Syawwal.

Referensi:

  1. Thabaqat Kubra, Ibnu Sa’ad (1/98-99).
  2. Shahih Imam Bukhari (no: 4863).
  3. Shahih Imam Muslim (no: 576).
  4. Musnad Imam Ahmad (no: 15464).
  5. Mustadrak Imam Hakim (no: 6722).

Koordinat tempat yang berhubungan:

  1. Tidak diketahui di mana rumah Abu Thalib, dan tidak diketahui juga dimana Abu Thalib Meninggal dunia. Namun kemungkinan besar beliau meninggal di rumahnya, dan kemungkinan besar rumahnya berada di lembah perkampungan Bani Hasyim, yang sekarang kurang lebih berada di daerah timur laut masjidil Haram, dekat perpustakaan Mekkah al-Mukarromah : https://maps.app.goo.gl/eBLFJ8SbdF16tcUKA , dan
  2. Terminal Bab ‘Ali : https://maps.app.goo.gl/N8hrWDRspdmGeeiGA